2 Juli 2019 2:26 pm

Mengenal RAW Denim

Mengenal RAW Denim
Nobles, Sebelum kita menjelaskan tentang RAW Denim, baiknya kita berkenalan terlebih dahulu mengenai historical dari celana denim sendiri.

Awalnya kain Denim merupakan jenis kain Katun kasar. Jenis kain ini awalnya digunakan untuk pakaian para pekerja pertambangan. Nama Denim sendiri diambil dari salah satu kota yang terletak di kawasan Prancis dengan nama Nimes.Mulanya, kain Denim sendiri diberi nama Serge De Nimes

Kemudian seiring berjalannya waktu, nama tersebut disingkat menjadi Denim atau De Nimes. Arti dari kata De Nimes sendiri adalah from Nimes. Material kain yang dimiliki oleh jenis kain ini sangat kuat. Hal itu disebabkan karena kain ini berasal dari bahan Katun Twill.Jenis kain Denim ini amat mudah dicuci, teksturnya sedikit tebal dan terbilang sangat awet.

Sampai sekitar tahun 1970-an, semua jeans masih berupa raw denim dan proses break in (proses membuat tekstur raw denim lebih lentur dengan cara memakainya lebih sering) merupakan hal yang dilakukan oleh konsumen sendiri. Ada orang yang duduk di dalam bak mandi dengan memakai jeansnya atau bahkan menggunakannya sambil berenang agar jeans tersebut dapat segera menyusut sesuai dengan bentuk tubuh mereka.


Jenis RAW Denim dari celana Speilberg Selvedge
Jenis RAW Denim dari celana Speilberg Selvedge


Raw denim, yang biasa dikenal sebagai dry denim atau unwashed denim adalah denim yang belum melewati proses washing dan distressing (kamu dapat baca tentang proses ini di thread tentang kualitas denim). Denim ini cenderung kaku dan memiliki warna biru yang pekat, serta kemilau yang khas. Warna biru pekat/indigo tersebut juga dapat luntur dan menyebabkan raw denim dapat pudar di beberapa tempat. Karakteristik raw denim memungkinkan adanya “personalisasi” jeans sesuai dengan bentuk badan unik para pemakainya dengan creases (lipatan) dan fade marks (tanda pudar) yang mengikuti bentuk tubuh dan kebiasaan sehari-hari pemakai.

Raw denim sendiri memang berbeda dengan celana jeans lainnya. Bahannya diambil langsung dari mesin tenun, dijahit menjadi celana. Raw denim tidak mengalami proses pencucian yang beranekaragam itu. Juga tidak pernah melalui proses pencelupan apapun. Raw denim sesuai dengan namanya memang mentah belum mengalami proses apapun. Itu sebabnya kenapa RAW Denim cenderung lebih mahal dari denim atau jeans kebanyakan.

Raw denim adalah seni dalam dunia fashion. Denim ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, bukan produksi massal. Bahan-bahan yang dipakai bukan bahan sekedarnya saja. Raw denim memiliki bahan yang bisa dibilang kualitasnya lebih dari terbaik.Pengerjaannya pun tidak sembarangan. Hanya dikerjakan oleh tangan-tangan terampil untuk memotong dan menjahitnya. Semakin mahal karena proses pengerjaannya di negara yang menghargai pekerjanya dengan upah tinggi. Biasanya raw denim dikerjakan di Jepang atau Amerika.


Namun jangan khawatir, Tidak semua celana denim dengan kualitas bahan RAW Denim dijual dengan harga yang sangat mahal atau bahkan tidak masuk akal, berangkat darisinilah kemudian Nobles String mengeluarkan produk celana jeans berbahan RAW denim yang memiliki pola jahit " Selvedge " dan pastinya dengan harga yang terjangkau.




Blog Post Lainnya
Payment Method
Dapatkan Promo dan Info Produk Terbaru disini!
`Berlangganan
Contact
+62 819-0473-3589
info@noblestring.com
Social Media
@2020 Noble String Inc.